Senin, 04 Januari 2010

"Langsep" Buah Khas Singosari

Buah ini sebetulnya sangat terkenal. Bahkan Singosari diidentikkan dengan buah ini. Buah yang cukup unik ini sepintas kalau tidak jeli, orang akan menyamakan dengan buah duku. ada perbedaan yang sangat mencolok diantara dua buah ini meski warna kuning kulitnya relatif sama.
kalau buah langsep ukuran buahnya bervariasi, sedangkan buah duku ukuran buahnya relatif sama.
Saat ini buah langsep asli Singosari sudah langka. Hanya ada beberapa tempat di Singosari yang masih tumbuh pohon lansep ini. Beberapa upaya budidaya dengan mengembangkan buah ini dengan cara cangkok secara masal masih belum begitu menggembirakan hasilnya. Uniknya pohon langsep ini hanya bisa tumbuh subur di daerah Singosari bagian barat. sedangkan jika tanaman ini ditaman didaerah timur Singosari hasilnya tidak sebaik jika ditanam disebelah barat.
Jika anda melewati Singosari, disepanjang jalan akan ditemui banyak pedagang menjajakan buah ini. Buah yang rasanya manis ini ternyata menjadi komoditas yang sangat manis juga bagi pedagang. Sehingga sekarang beberapa buah langsep yang berasal dari daerah luar Singosari banyak dikirim kepada pedagang langsep di Singosari. Faktor nama Singosari rupanya menjadi daya tarik tersendiri untuk memudahkan menjual buah ini.
Sehingga jika anda tidak jeli mungkin anda membeli buah ini yang dikemas seolah-olah buah ini asli dari Singosari, padahal mungkin buah yang anda beli itu berasal dari daerah sekitar Singosari yang numpang beken ..........
Tapi gak apa kalau anda salah memilih, masalahnya rasanya juga gak jauh beda kok....................

1 komentar:

  1. Sebenarnya pingin yang asli singosari... tapi yang jual yang bohongi ..... jaman saya anak2 dulu kata ibu kalau yang beli cina bawa mobil pribadi baru di kasih langsep yang asli singosari

    BalasHapus